Goa Jomblang – Wisata Gunung Kidul, Yogyakarta

Goa Jomblang – Wisata Gunung Kidul, Yogyakarta

Bagi kalian para traveller yang sangat menyukai travelling pasti sedang berburu target destinasi selanjutnya yang akan di datangi. Mungkin, dari beberapa destinasi wisata yang kalian target untuk di datangi antara lain adalah laut, atau pegunungan. Di antara destinasi wisata tersebut, ada salah satu destinasi wisata yang tidak kalah menarik, yaitu destinasi wisata gua yang tidak kalah memberikan challenge buat kalian. Destinasi wisata gua yang kali ini akan kita review adalah Gua Jomblang.

Gua Jomblang yang berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul ini menyugguhkan pemandangan dan sense yang tersendiri. Gua Jomblang berbeda dari gua pada umumnya, gua ini adalah sebuah gua vertikal (Vertical Cave), yang mana setiap pengunjung yang mengunjungi gua ini harus menuruni ke dalam gua dengan sebuah tali yang telah disediakan oleh petugas pemandu yang berada disekitar gua tersebut.

Lantaran gua ini mempunyai kedalaman 90M dibawah permukaan tanah maka para pengunjung telah disediakan berbagai alat pengaman untuk menuruni gua tersebut. Dengan lokasi yang berada dibawah kedalaman 90M dibawah permukaan tanah, pengunjung akan di manjakan dengan pemandangan yang disebut Ray of Light. Ray of Light merupakan biasan cahaya sinar matahari yang masuk melalui mulut gua yang memberikan kesan dan pemandangan yang sangat menakjubkan bagi setiap pengunjung yang mengunjungi Gua Jomblang ini.

Sejarah Gua Jomblang

Berdasarkan data yang kami peroleh, Gua Jomblang ini merupakan salah satu dari ribuan jenis gua yang ada di daerah Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun sejarah dari gua ini berasal dari amblasnya sebidang tanah yang berada di atas mulut gua tersebut yang terjadi ribuan tahun yang lalu.

Vegetasi gua Jomblang yang ambles ke dasar gua selalu tumbuh dengan subur, sampai sekarang ini diketahui oleh masyarakat sekitar dengan panggilan hutan Purba Gunung Kidul, karena type tumbuhan mempunyai kekhasan serta berlainan dengan taman yang lain yang berada di permukaan tanah.

Semenjak pegunungan sewu diputuskan oleh badan PBB UNESCO menjadi salah satu anggota baru Global Geopark Network pada tahun 2015, sampai sekarang ini gua Jomblang ditunjuk menjadi icon goepark dunia. Posisi nya sama seperti pulau Jeju di Korea serta Langkawi di Malaysia. Akan tetapi jauh sebelum diresmikan, ekosistem gua ini telah diketahui seluruh dunia, hal itu dapat dibuktikan dipilihnya menjadi tempat syuting Amazing Race Amerika pada tahun 2011 silam.

Jalur Menuju Gua

Ada empat jalan utama untuk sampai ke dasar gua yang biasa dilalui oleh beberapa penjelajah alam. Jalan pertama yaitu adalah jalan termudah untuk dilewati, seringkali disebut dengan jalan VIP. Pada jalan ini 15 meter pertama lewat track curam serta masih dapat ditapaki oleh kaki.

Perlengkapan SRT lengkap mesti disiapkan untuk menjamin keselamatan sampai dasar gua. Sisa jarak dengan dasar gua Jomblang bisa ditempuh memakai SRT, meluncur sejauh kurang lebih 20 meter memakai tali. Akan tetapi untuk ke-3 jalan yang lain, jalannya lebih susah karena perlu memakai SRT sejak ketinggian 80 meter(jalur A), 60 meter(jalan B) serta 40 meter(julur C). Buat penjelajah pemula disarankan memilih jalan VIP dengan ketinggian 20 meter.

Harga Masuk

Untuk menikmati wisata alam Gua Jomblang, pengunjung tidak dikenakan ongkos apa pun, mengingat obyek wisata ini merupakan tempat terbuka.

Akan tetapi bila mau memakai layanan pemandu wisata, maka pengunjung akan dikenakan tarif kurang lebih Rp450.000 sampai Rp1.000.000.

Tarif itu berdasarkan apa saja perlengkapan serta layanan uang dibutuhkan oleh pengunjung.

Pengunjung yang sudah lakukan pemesanan tiket Jomblang Cave Trip harus melakukan regristrasi lagi di area Gua Jomblang.

Pengunjung akan dipandu untuk lakukan pembayaran serta menentukan sepatu boot, sambil menanti beberapa kru menyiapkan perlengkapan untuk masuk gua.

 

Sumber Foto: https://www.initempatwisata.com/wisata-indonesia/jogjakarta/goa-jomblang-gunungkidul-pesona-cahaya-surga-hingga-hutan-purba/3339/

Leave a Reply

Your email address will not be published.