Keindahan Objek Wisata Goa Pindul di Gunung Kidul

Objek wisata Gua Pindul merupakan salah satu tempat wisata yang sangat recommended untuk dikunjungi jika kita berlibur ke kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta tepatnya di Gunung Kidul. Sejak di resmikan dan di buka untuk umum pada 10 Oktober 2010 yang lalu, destinasi wisata ini memiliki keindahan yang berbeda dibandingkan dengan destinasi wisata pada umumnya. Dengan dihiasi dengan bebatuan yang indah dan menawan, Gua Pindul menawarkan eksotisme tersendiri dari sebuah sebuah objek wisata pada umumnya. Selain itu, di dalam gua kita akan mendapati aliran sungai bawah tanah yang memanjang hingga ke ujung gua. Ini semakin menambah nilai eksotisme dari objek wisata Gua Pindul.

Dengan bentangan kurang kebih 350 meter hingga ke ujung gua, dengan lebar hingga 5 meter, dan kedalaman mencapai 5 hingga 12 meter,  Gua Pindul akan memberikan pengalaman berbeda untuk mengisi libur anda. Dengan suasana gua dan airnya yang jernih, para pengunjung yang datang ke tempat ini akan dimanjakan dengan pesona indah yang di sajikan Gua Pindul.

Pada dasarnya Gua Pindul terbagi menjadu 3 bagian, yaitu zona terang, zona remang, dan zona gelap. Berikut ulasan dari ketiga zona Gua Pindul :

  • Zona Terang
Photo Credit to desawisatabejiharjo

Zona terang merupakan bagian gua yang paling terang sesuai dengan namanya. Dengan pencahayaan yang cukup, para pengunjung dapat menikmati keindahan gua secara langsung. Pada zona ini juga, pengunjung dapat bermain air, melompat, dan berenang dengan bebas. Selain itu juga, disini anda akan dapat melihat kunpulan ikan yang berenang bebas dengan jelas.

  • Zona Remang
Photo Credit to youtube

Sesuai dengan namanya, zona ini tidak mendapat penerangan yang cukup alias remang-remang. Walau dengan kondisi penerangan yang minim, zona ini tetap menyajikan panorama yang indah. Sebagian kecil cahaya yang masuk kedalam zona ini, dipantulkan kembali oleh jernih nya air yang ada di dalam gua. Pantulan cahaya ini lah yang membuat pemandangan zona ini menjadi semakin eksotis.

  • Zona Gelap
Photo Credit to blogeventguidemagz

Mungkin sudah dapat di tebak seperti apa kondisi di dalam gua pada zona ini. Ya, gelap tentunya. Untuk dapat masuk ke dalam area ini, pengunjung diwajibkan membawa alat bantu penerangan. Meskipun dalam kondisi yang gelap, pengunjung yang memasuki zona tetap dapat menikmati keindahan gua. Karena anda akan menemukan tampilan-tampilan yang menakjubkan pada dinding gua di sepanjang penelusuran hingga ke ujung gua.

Seperti halnya kebanyakan gua-gua di dunia, Gua Pindul juga dihiasi dengan bebatuan stalagtit dan stalagmit yang mempesona. Bebatuan stalagtit dan stalagmit yang ada di dalam Gua Pindul diyakini sudah berusia ribuan tahun. Ukurannya pun cukup besar jika dibandingkan dengan stalagtit dan stalagmit pada umumnya. Dengan ukurannya yang mencapai lima rentangan tangan orang dewasa, menjadikan bebatuan stalagtit dan stalagmit ini sebagai yang terbesar ke-4 di dunia. Menariknya, stalagtit dan stalagmit yang ada di Gua Pindul masih dalam kedaan aktif. Artinya, ukuran dan tinggi bebatuan ini akan terus membesar. Bahkan bukan tidak mungkin, jika kita mengunjungi Gua Pindul dalam rentang beberapa tahun yang akan datang, ukurannya sudah bertambah besar. Menarik bukan?

Tidak hanya bebatuan stalagtit dan stalagmitnya saja yang membuat para pengunjung terkagung-kagum, Gua Pindul juga dihiasai dengan lukisan alam yang menakjubkan pada dinding-dindingnya. Dilengkapi dengan ukiran indah yang terbentuk secara alami, panorama Gua Pindul ini semakin membuat para pengunjung nya takjub.

Untuk dapat mengarungi eksotisme dari keseluruhan Gua Pindul, para pengunjung dapat menggunakan cavetubing atau sejenis pelampung yang hampir mirip dengan rafting. Kegiatan menyelusuri gua ini dapat diikuti oleh semua usia. Dari anak-anak hingga orang dewasa sekalipun. Dengan aliran sungai dalam gua yang tenang, membuat kegiatan ini aman untuk dilakukan pengunjung berbagai usia.

Bagaimana? Tertarik mengunjungi objek wisata Gua Pindul?

Jika anda ingin memasuk kawasan Gua Pindul, anda akan dikenakan tarik masuk seperti biasanya. Dan apabila anda tertarik untuk menyelusuri gua dengan menggunakan cavetubing, anda dapat menyewa nya  berikut asuransi yang disediakan pengelola.

Leave a Reply

Your email address will not be published.