Daya Magis Pulau Komodo Dimata Dunia

Daya Magis Pulau Komodo Dimata Dunia

Tidak dapat dipungkiri, Komodo memang menjadi daya tarik tersendiri dari Pulau Komodo. Salah satu jenis hewan reptil terbesar di dunia ini merupakan hewan yang sangat dilindungi. Menjadi hewan endemik Pulau Komodo, mereka menjadi predator utama di pulau tersebut. Tidak ada yang tahu pasti sejak kapan hewan ini mendiami wilayah Pulau Komodo dan pulau-pulau di sekitarnya. Satu hal yang pasti, jumlah mereka semakin sedikit dan semakin terancam punah.

Saat ini, Komodo berjumlah hanya sekitar 4 ribu ekor di alam liar. Oleh karena itu, UNISCO meresmikan Taman Nasional Komodo sebagai “World Heritage Site and Biosphere Reserve” pada tahun 1986. Dan sudah menjadi tugas kita untuk melindungi dan melestarikan keberadaan kadal raksasa ini agar tidak punah seperti apa yang dikhawatirkan.

Ketika kita berkunjung ke Pulau Komodo, kita akan ditemani oleh pemandu wisata yang tidak lain merupakan pawang Komodo itu sendiri. Ini merupakan prosedur standar Pulau Komodo untuk menjamin keamanan pengunjung.

Keberadaan kadal raksasa ini di Pulau Komodo secara tidak langsung telah memikat wisatawan lokal maupun asing untuk dapat berkunjung ke pulau ini. Pesona Komodo memang menjadi daya magis bagi para wisatawan yang datang untuk melihat secara langsung hewan purba yang satu ini.

Akan tetapi, hewan Komodo bukan lah satu-satunya tujuan para wisatawan datang ke Pulau Komodo. Pulau ini juga menyimpan spot-spot wisata lain yang tidak kalah mempesonanya dengan spot-spot wisata yang lain.

Berikut kami telah merangkum spot-spot wisata di Pulau Komodo yang layak untuk dicoba:

Pulau Padar

Photo Credit to rifkysetya.com

Spot wisata pertama yang patut untuk dikunjungi wisatawan ketika datang ke Pulau Komodo  yaitu Pulau Padar.  Terletak di antara Pulau Komodo dan Pulau Rinca, Pulau Padar merupakan spot snorkling dan diving yang tepat untuk menikmati keindahan bawah laut di Taman Nasional Komodo.

Untuk para pecinta snorkling dan diving, anda akan dimanjakan dengan indahnya alam bawah laut kawasan Pulau Komodo. Dengan tersedianya lebih dari 40 spot penyelaman yang ada di tempat ini, pengunjung dapat memilih spot mana yang ingin mereka selami.

Loh Liang

Photo Credit to qaedif

Loh Liang tidak lain merupakan gerbang masuk sekaligus daerah wisata utama yang ada di Pulau Komodo. Setelah anda puas berkeliling di sekitar Pulau Komodo dan Pulau Rinca, akan lengkap rasanya jika anda mencoba untuk berenang atau sekedar bersantai santai untuk menikmati panorama indah di Pantai Merah Muda atau Pink Beach.  Selain pantai yang memang berwarna merah muda akibat hamparan keran disepanjang pantainya, pantai ini juga menyimpang keindahan pesona bawah laut yang menawan.  Para pengunjung biasanya memanfaatkan spot ini untuk menikmati keindahan bawah laut dengan cara snorkling dan diving.

Loh Buaya

Photo Credit to byvrnand

Berlokasi di Pulau Rinca, Loh Buaya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Loh Liang di Pulau Komodo.  Tempat ini di fasilitasi dengan beberapa pondok wisata, cafetaria, dan juga shelter yang memang difungsikan untuk  melayani para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Rinca.

Loh Buaya merupakan bagian kepulauan yang membentuk Taman Nasional Komodo. Para pengunjung juga dapat menjumpai hewan Komodo dalam habitat alami mereka di tempat ini. Selain Komodo, para wisatawan dapat menikmati wisata tentang kehidupan hewan liar lainnya yang ada di pulau ini. Seperti kerbau liar, rusa timor, monyet ekor panjang, kuda liar, hingga berbagai jenis burung juga ikut mewarnai keragaman ekosistem Loh Buaya. Tidak jauh dari Pulau Rinca, anda juga dapat berkunjung ke Pulau Kalong yang dipenuhi dengan berbagai macam kelelawar liar yang mendiami pulau tersebut. Para pengunjung dapat berkeliling pulau untuk menikmati keistimewaan alam yang tersedia sembari mengabadikan setiap momen yang ada dengan kamera.

Leave a Reply

Your email address will not be published.